Patut dicoba nih 13 Bisnis Minim Pesaing tahun 2023!

Daniel Randy

Updated on:

Di era yang segala sesuatunya bertumbuh dengan cepat, penting bagi kamu untuk memilih jenis bisnis yang memiliki permintaan yang tinggi dari konsumen dan sedikit pesaing. Dengan cara ini, kamu dapat memperoleh pangsa pasar yang lebih besar dan meraih kesuksesan dengan lebih mudah.

Sebelum memulai bisnis, penting untuk merencanakan dengan matang. Kamu perlu mempertimbangkan semua faktor yang dapat mempengaruhi bisnis kamu, termasuk persaingan dengan kompetitor. Dengan mengetahui pesaing kamu, kamu dapat mengembangkan strategi yang efektif untuk memenangkan persaingan dan mengembangkan bisnis kamu dengan lebih baik.

Bisnis Minim Pesaing tahun 2023

Jika kamu sedang mencari jenis bisnis dengan sedikit pesaing, berikut adalah 10 alternatif bisnis yang bisa dipertimbangkan:

1. Bisnis Frozen Food

Salah satu bisnis yang memiliki sedikit pesaing adalah bisnis makanan beku atau frozen food. Usaha ini sangat praktis karena produknya dapat disimpan dalam waktu yang lama di dalam kulkas. Produk frozen food sendiri sangat bervariasi, mulai dari nugget, sosis, hingga french fries. Kamu dapat menawarkan promo-promo menarik seperti diskon di pembelian selanjutnya, kupon potongan harga, atau bahkan gratis ongkos kirim untuk menarik minat konsumen.

2. Bisnis katering sehat

Bisnis katering sehat merupakan jenis usaha yang layak dipertimbangkan. Bisnis ini memiliki target pasar yang lebih tersegmentasi dibandingkan dengan produk makanan lainnya. Kamu dapat membuat produk makanan yang sesuai dengan kebutuhan diet atau preferensi konsumen.

Dalam bisnis katering sehat, kamu dapat menawarkan berbagai pilihan menu yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi konsumen, seperti makanan rendah kalori, makanan bebas gluten, makanan vegetarian, dan lain sebagainya. Dengan menawarkan pilihan menu yang beragam, kamu dapat menarik minat konsumen yang memiliki kebutuhan dan preferensi yang berbeda-beda.

Selain itu, kamu juga dapat menawarkan paket katering untuk acara-acara khusus seperti acara pernikahan, ulang tahun, dan lain sebagainya. Dengan cara ini, kamu dapat memperluas pangsa pasar dan memenuhi kebutuhan konsumen yang membutuhkan layanan katering untuk acara khusus mereka.

Secara keseluruhan, bisnis katering sehat merupakan jenis usaha yang menarik dan memiliki potensi yang besar, terutama di era modern saat ini di mana semakin banyak orang yang menyadari pentingnya kesehatan dan pola makan yang sehat. Dengan menawarkan pilihan menu yang sehat dan beragam, serta pelayanan yang baik, kamu juga dapat membangun reputasi bisnis dan memperluas pangsa pasar.

3. Bisnis online yang menjual kebutuhan sehari-hari

Meskipun toko online sudah sangat populer dan diminati, tidak ada salahnya untuk mencobanya terlebih lagi karena banyak orang sekarang lebih suka berbelanja secara daring.

Ada satu jenis produk daring yang belum terlalu banyak dijual, yaitu kebutuhan sehari-hari. Walaupun terlihat sepele, produk ini memiliki banyak peminat, terutama karena terkadang harganya lebih terjangkau dibandingkan membeli langsung di minimarket dan kalau konsumen lagi mager mau keluar rumah, kebanyakan lebih nyaman belanja kebutuhan sehari-hari secara daring.

4. Bisnis minuman sehat

Sekarang, masyarakat semakin menyadari pentingnya menjaga kesehatan dengan mengonsumsi minuman yang sehat. Saat ini, bisnis minuman sehat masih belum terlalu banyak pesaingnya, sehingga peluangnya cukup besar.

Ada beragam jenis minuman sehat yang dapat kamu jual, seperti jamu, infused water, jus, dan lain sebagainya.

5. Bisnis agen LPG dan air minum galon

Gas LPG dan air minum galon adalah kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan. Untuk memulai jenis usaha ini, yang dibutuhkan adalah tempat usaha atau ruang yang luas.

Namun, diperlukan modal yang cukup besar di awal. Pilihlah lokasi yang strategis atau dengan banyak penduduk agar usaha kamu berpotensi untuk berkembang.

6. Bisnis cemilan impor

Salah satu jenis bisnis yang jarang memiliki pesaing lain adalah bisnis cemilan atau snack impor. Ada beragam jenis makanan ringan, seperti kerupuk, popcorn, makaroni kering, cokelat, dan lain sebagainya, yang bisa kamu jual.

Hal yang penting untuk diingat dalam bisnis ini adalah kamu harus memahami tren makanan yang sedang populer. Selain itu, produk makanan ringan juga memiliki masa simpan yang cukup lama, sehingga kamu tidak perlu khawatir jika stok barang belum habis terjual.

7. Bisnis Dropship

Mencoba bisnis dropship dapat menjadi pilihan yang menarik. Kamu tidak perlu memiliki modal atau menyimpan stok barang, karena sistem dropship adalah menjual produk milik orang lain.

Namun, perlu diperhatikan toko mana yang akan dijadikan tempat pengambilan barang dengan seksama dan mengetahui stok yang dimiliki toko tersebut agar tidak terjadi kehabisan stok padahal lagi ada pesanan masuk, sehingga kamu harus mencari ditoko lainnya.

Untuk itu, sering-sering survei toko-toko yang menjual produk yang kamu jual di daerah kamu agar punya alternatif lain pada saat toko langganan kamu lagi kehabisan stok.

8. Bisnis Reseller

Hampir sama dengan dropship, bisnis reseller juga mengharuskan kamu untuk menjual produk orang lain. Namun, kamu harus menyimpan stok produk terlebih dahulu. Keuntungan dari bisnis reseller adalah biasanya mendapatkan harga atau potongan khusus saat membeli produk. Selain itu, kamu juga dapat menentukan harga jual sesuai dengan keinginan kamu.

9. Bisnis affiliate marketing

Bisnis affiliate marketing juga memiliki keuntungan tidak memerlukan modal yang besar untuk memulainya. Yang dibutuhkan hanyalah memiliki jumlah pengikut yang banyak di media sosial.

Dalam bisnis ini, kamu akan menerima komisi dari perusahaan dengan cara memasarkan produk tertentu kepada pelanggan. Oleh karena itu, bisnis affiliate menjadi salah satu pilihan yang menarik bagi mereka yang ingin memulai usaha tanpa harus mengeluarkan modal besar.

10. Bisnis kursus online

Jika kamu memiliki keahlian atau pengetahuan khusus di bidang tertentu, membuka bisnis kursus online bisa menjadi peluang yang menarik. Dengan menggunakan jaringan internet dan kemampuan mengajar, kamu dapat membuka kursus online sendiri.

Mempunyai keahlian tertentu akan memberikan nilai tambah bagi kursus online yang kamu buat, dan kamu dapat memasarkan kursus kamu kepada orang-orang yang membutuhkannya. Jadi, jika kamu tertarik, memulai bisnis kursus online bisa menjadi pilihan yang menarik.

11. Bisnis daur ulang kreatif

Bisnis daur ulang kreatif adalah salah satu jenis usaha yang jarang memiliki pesaing. Jika kamu memiliki keahlian khusus dalam hal kerajinan tangan, memulai bisnis ini bisa menjadi pilihan yang menarik. Kamu dapat memanfaatkan berbagai bahan baku bekas untuk diubah menjadi produk yang bernilai tinggi, seperti kerajinan tangan unik, aksesoris fashion, atau dekorasi rumah.

Selain itu, dengan membuka bisnis daur ulang kreatif, kamu juga dapat membantu dalam pengurangan limbah dan mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Jadi, jika kamu memiliki keterampilan dalam bidang kerajinan tangan dan peduli dengan lingkungan, bisnis daur ulang kreatif bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu.

12. Bisnis cloud kitchen

Konsep bisnis ini adalah menjual berbagai jenis makanan dengan memanfaatkan kerjasama dengan produsen makanan dan jasa pengantaran. Kamu tidak perlu mengeluarkan modal besar untuk memulai bisnis ini. Dengan cara ini, bisnis makanan yang kamu jalankan akan sangat praktis dan efisien. Kamu dapat menawarkan beragam jenis makanan kepada konsumen tanpa perlu khawatir tentang produksi dan pengiriman.

Selain itu, kamu dapat memperluas jangkauan pasar dengan memanfaatkan jasa pengiriman untuk mengirimkan pesanan makanan kamu ke berbagai wilayah. Ini adalah pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin memulai bisnis makanan tanpa modal besar dan ingin menjalankan bisnis dengan cara yang efektif.

13. Bisnis franchise

Jika kamu ingin memulai bisnis tanpa banyak kerepotan dalam persiapan, maka bisnis franchise bisa menjadi pilihan yang tepat. Kamu tidak perlu mempersiapkan peralatan dan sistem, karena semuanya telah disiapkan oleh pemilik waralaba. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan dukungan dalam pemasaran dan manajemen. Namun, pastikan kamu memiliki modal yang cukup dan memilih lokasi yang strategis.

Jadi, sudah menentukan bisnis mana yang ingin kamu jalankan?

Leave a Comment