Manfaat konsumsi buah Kurma yang perlu kamu tahu

Daniel Randy

Updated on:

Kurma, juga dikenal sebagai Phoenix dactylifera, adalah buah yang sering dikonsumsi selama bulan puasa. Tanaman kurma adalah salah satu tanaman buah tertua yang tumbuh di daerah kering.

Buah kurma memiliki kandungan yang dapat membantu mengembalikan energi dan elektrolit yang hilang selama berpuasa.

Potassium atau kalium adalah salah satu kandungan dalam buah kurma yang memiliki manfaat dalam mengontrol detak jantung, meningkatkan fungsi otak, dan mengurangi rasa lelah setelah beraktivitas. Buah kurma juga diketahui sebagai sumber energi instan karena mengandung gula tinggi seperti fruktosa dan glukosa.

Manfaat konsumsi buah Kurma

Meskipun kurma dikenal sebagai sumber energi, buah ini sebenarnya memiliki manfaat lainnya. Beberapa kandungan dalam kurma antara lain:

  1. Kalori
  2. Lemak
  3. Karbohidrat
  4. Serat
  5. Gula
  6. Protein
  7. Vitamin
  8. Zat besi
  9. Magnesium
  10. Potassium.

Buah kurma bukan hanya sekadar sumber energi yang nikmat saat bulan puasa, namun juga memiliki manfaat lain yang baik untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa khasiat buah kurma untuk kesehatan:

Melancarkan Sistem Pencernaan

Kurma mengandung serat yang dapat membantu mencegah sembelit dan memperbaiki gerakan usus besar. Oleh karena itu, kurma dapat dimasukkan ke dalam diet harian sebagai sumber serat alami.

Mencukupi Kebutuhan Gizi dan Kalori

Kurma adalah buah yang tinggi kalori dan sebagian besar kalorinya berasal dari karbohidrat, sementara sisanya dari protein. Meskipun begitu, kurma mengandung berbagai vitamin dan mineral yang penting bagi kesehatan tubuh.

Jadi Menu Tambahan dalam Diet

Kurma dapat dimakan langsung atau dikombinasikan dengan makanan sehat lainnya, seperti kacang almond, keju, oatmeal, dan sebagainya. Meski begitu, karena kurma mengandung kalori yang cukup tinggi, sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Menstabilkan Gula Darah dan Pengganti Gula yang Lebih Sehat

Kurma adalah pengganti gula yang sehat karena rasanya manis dan mengandung nutrisi, serat, dan antioksidan. Kurma juga dipercaya dapat membantu menstabilkan gula darah dan memperbaiki kesehatan tulang.

Mencegah Penyakit Kronis

Kurma mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari beberapa penyakit kronis. Antioksidan tersebut dapat membantu melawan radikal bebas dan mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, dan penyakit degeneratif lainnya.

Melindungi Tubuh dari Peradangan

Buah kurma kaya akan polifenol, senyawa antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari peradangan.

Mencegah Anemia

Kurma mengandung zat besi yang dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh. Oleh karena itu, konsumsi buah kurma dapat membantu mencegah anemia dan membuat tubuh tidak mudah lelah dan pucat.

Meningkatkan Kesuburan

Kurma mengandung asam amino dan seng, yang dapat membantu meningkatkan kesuburan baik pada wanita maupun pria.

Mengganti Elektrolit Tubuh yang Hilang

Kurma kaya akan potassium, salah satu unsur elektrolit yang dibutuhkan tubuh. Oleh karena itu, kurma dapat membantu mengganti elektrolit tubuh yang hilang selama beraktivitas.

Dalam keseluruhan, kurma merupakan buah yang kaya akan nutrisi dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Meskipun begitu, sebaiknya tidak mengonsumsi kurma secara berlebihan karena kandungan kalorinya yang cukup tinggi.

Leave a Comment