Ketahui 6 Manfaat Cabai untuk Kesehatan Tubuh

Daniel Randy

Updated on:

Cabai, sayuran yang dikenal dapat menambah cita rasa pada berbagai hidangan, adalah salah satu buah dan tumbuhan yang tergabung dalam Genus Capsicum. Keberadaannya dapat dikategorikan sebagai sayuran maupun bumbu, tergantung pada penggunaannya.

Di Asia Tenggara, cabai telah menjadi salah satu bumbu yang sangat populer dalam menambahkan kelezatan pada hidangan.

Manfaat cabai untuk kesehatan

Cabai memang dikenal sebagai bahan masakan yang dapat menambah rasa pedas pada hidangan. Namun, tahukah Anda bahwa cabai juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh? Berikut ini adalah beberapa manfaat cabai yang perlu Anda ketahui:

1. Mengatasi hidung tersumbat

Ketika hidung tersumbat, cabai dapat menjadi solusi alami untuk melegakannya. Manfaat cabai dalam melegakan hidung tersumbat terletak pada kandungan capsaicin yang dimilikinya. Senyawa ini mampu meredakan pembengkakan pada saluran nafas dan membantu mengencerkan lendir, sehingga lendir dapat lebih mudah dikeluarkan.

2. Menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke

Cabai mengandung capsaicin, senyawa yang dapat meningkatkan aliran darah dan membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah. Kondisi ini membuat cabai menjadi makanan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegah risiko stroke.

3. Mengurangi rasa sakit

Cabai mengandung senyawa yang disebut dengan capsaicin, yang bertanggung jawab atas transmisi sinyal nyeri dari saraf ke otak. Oleh karena itu, konsumsi cabai dapat membantu mengurangi rasa sakit pada tubuh.

4. Menjaga kesehatan lambung

Menjaga kesehatan lambung dapat dilakukan dengan mengonsumsi cabai, demikian hasil penelitian yang mengungkapkan bahwa cabai dapat mengurangi peradangan dan mengobati infeksi lambung. Makanan pedas juga diketahui dapat menenangkan usus dan menjaganya tetap sehat.

Kandungan capsaicin dalam cabai berperan penting dalam merangsang produksi lendir lambung dan mempercepat proses pencernaan. Namun, konsumsi cabai sebaiknya tidak berlebihan karena dapat menyebabkan sakit perut.

5. Dapat meningkatkan daya tahan tubuh

Dalam menjaga kesehatan tubuh, cabai ternyata dapat meningkatkan imunitas. Kandungan vitamin C pada cabai sangat melimpah, bahkan lebih banyak dibandingkan dengan jeruk. Kandungan vitamin C ini berperan penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tubuh menjadi lebih kuat dan tidak mudah terkena infeksi atau penyakit tertentu.

Hal ini menunjukkan bahwa cabai bukan hanya berfungsi sebagai bumbu dapur, tetapi juga memiliki manfaat kesehatan yang signifikan.

6. Menurunkan resiko kanker

Kandungan capsaicin dalam cabai juga dapat membantu mengurangi risiko terkena beberapa jenis kanker, seperti kanker prostat dan kanker payudara. Hal ini terjadi karena capsaicin dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan membantu melawan peradangan dalam tubuh.

Hasil studi yang dipublikasikan dalam jurnal Cancer Research menunjukkan bahwa capsaicin dapat menghambat pertumbuhan sel kanker prostat pada tikus, namun tidak merusak sel-sel sehat. Temuan ini menunjukkan bahwa cabai dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam terapi kanker prostat.

Dalam konsumsinya, cabai bisa dimakan secara mentah atau diolah dalam berbagai hidangan. Namun, perlu diingat bahwa konsumsi cabai harus disesuaikan dengan tingkat kepedasan yang dapat ditoleransi oleh tubuh. Bagi kamu yang memiliki sensitivitas terhadap cabai, sebaiknya menghindari konsumsi cabai yang terlalu pedas.

Leave a Comment